Jatim diserbu bawang putih impor dari China

Harga bawang putih di Jawa Timur mulai turun menjadi Rp35.000 per kilogram setelah diserbu barang impor dari China.

Harga bawang putih di Jawa Timur mulai turun menjadi Rp35.000 per kilogram setelah diserbu barang impor dari China. / Facebook Khofifah Indar Parawansa

Harga bawang putih di Jawa Timur mulai turun menjadi Rp35.000 per kilogram setelah diserbu barang impor dari China.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bawang putih impor sudah masuk melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Jawa Timur mendapat alokasi 15.000 ton dari total bawang putih yang diimpor sebanyak 115.000 ton.

"Harga bawang putih sudah turun harganya. Saya update terus dengan Pak Drajat (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur). Kalau tidak salah harga di pasar sudah Rp35.000," ujar Khofifah usai buka puasa bersama di kantor DRPD Jatim, Selasa (14/5) petang.

Melambungnya harga bawang putih mencapai lebih dari Rp40.000 per kilogram di berbagai pasar di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, karena terjadinya kelangkaan stok dan pasokan.

"Waktu itu, kan saya bilang, (impor bawang putih) masuk tanggal 10 (Mei). Saya perkirakan tanggal 15 (Mei) sudah sampai di pasar di Jawa Timur. Nah, ternyata datang tanggal 10 (Mei) itu, tanggal 12 (Mei) sudah turun, lalu selanjutnya turun lagi," katanya.