Presiden Jokowi diskusi soal Pancasila dengan purnawirawan TNI-Polri

Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 berlaku mutlak.

Presiden Jokowi saat menerima purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/6)/Foto Facebook Setkab RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (19/6), menerima sejumlah purnawirawan TNI-Polri dan legiun veteran Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu, di antaranya soal ideologi Pancasila. “Tadi Presiden menerima purnawirawan TNI-Polri dan pimpinan legiun veteran Indonesia untuk bertukar pendapat, menerima aspirasi, dan masukan tentang masalah-masalah kebangsaan kita,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md yang turut hadir dalam pertemuan itu.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyampaikan, pertemuan tersebut dimaksudkan untuk bertukar pendapat serta menerima aspirasi mengenai masalah-masalah kebangsaan.

Dari sekian banyak hal yang dibicarakan, lanjut Mahfud, ideologi Pancasila menjadi fokus pembicaraan yang belakangan menjadi diskursus publik yang hangat.

“Tadi didiskusikan dengan Bapak Presiden, legiun veteran dan purnawirawan TNI itu menyampaikan usul-usul yang sifatnya konkret. Tetapi prinsipnya sama antara Presiden dan kita semua yang hadir tadi bahwa Pancasila itu adalah ideologi yang sudah final,” ucap Mahfud melansir laman Setkab RI.