Jokowi imbau makan ikan, nelayan menjerit kesulitan

Jokowi lebih baik mendorong KKP melihat kondisi nelayan di tengah pandemi Covid-19

Pekerja perempuan menjemur ikan lemuru di Desa Tanjung, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020)/Foto Antara/Saiful Bahri.

Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Susan Herawati menanggapi imbauan Presiden Jokowi soal mengonsumsi ikan guna meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Imbauan Presiden Jokowi tersebut disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo usai rapat terbatas melalui konferensi virtual, Senin (13/4/2020).

Menanggapi hal itu Susan mendesak Presiden Jokowi tidak hanya mengimbau masyarakat untuk mengkonsumsi ikan di tengah ancaman penyebaran Covid-19.

“Bagaimana mungkin nelayan bisa melakukan aktivitas menangkap ikan, sementara pada saat yang sama mereka harus berhadapan dengan ancaman serius penyebaran Covid-19” ujar Susan via rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/4).

Selain menghadapi ancaman Covid-19, jelas Susan, persoalan lainnya yang dihadapi oleh nelayan dan keluarga adalah menurunnya pendapatan, serta naiknya harga bahan-bahan pokok yang menjadi kebutuhan dasar konsumsi harian.