Jokowi instruksikan penggunaan helikopter untuk kirim bantuan ke daerah terisolir

Jokowi juga telah menginstruksikan tim gabungan untuk segera memulai proses pencarian dan evakuasi korban yang masih dinyatakan hilang.

Presiden mengunjungi tenda pengungsian di Taman Prawatasari yang menjadi tempat tinggal sementara para warga yang terdampak gempa bumi, Selasa, 22 November 2022. Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan korban gempa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, Jokowi memastikan perawatan korban luka-luka terdampak gempa dapat tertangani dengan baik.

"Memang di awal ada 741 pasien, sekarang tinggal 24 (pasien). Yang lain sudah banyak dipulangkan, sebagian juga dirujuk ke Bandung, Sukabumi, maupun ke Jakarta untuk yang kasus-kasus (luka) berat," kata Jokowi dalam keterangannya usai meninjau RSUD Sayang, Kamis (24/11).

Jokowi menilai, penanganan terhadap korban yang dirawat berjalan baik, terlebih dengan merujuk korban-korban yang mengalami luka berat untuk ditangani di rumah sakit di luar wilayah Cianjur.

Selain itu, Jokowi juga menekankan agar logistik bantuan dapat segera disalurkan kepada masyarakat terdampak di tenda-tenda pengungsian.

Ia meminta untuk menggunakan helikopter apabila kawasan yang akan dikirimkan bantuan tidak dapat dijangkau melalui jalur darat akibat kondisi medan yang cukup sulit.