Jokowi di Apkasi Otonomi Expo 2021: Jangan sampai pasar dalam negeri dikuasai asing

Presiden mengingatkan agar Apkasi memperkuat perdagangan dalam negeri agar pasar Indonesia tidak diambil asing..

Presiden Jokowi. Foto tangkapan layar di Kanal YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo mengapresiasi inisiatif dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk menggerakkan perekonomian daerah, salah satunya dengan menggelar Otonomi Expo 2021.

“Pertama-tama saya mengapresiasi inisiatif Apkasi untuk segera menggerakkan perekonomian daerah, antara lain lewat expo ini,” ucap Presiden Joko Widodo melalui siaran langsung “Peresmian Pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021” di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, pada Rabu (20/10) pagi.

“Ini merupakan ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama, memperkuat kerja sama perdagangan antar daerah dan sekaligus juga memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru dan jangan melupakan pasar dalam negeri yang sangat besar,” tegas Jokowi.

“Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh produk-produk negara lain dan juga perlunya diperkuat perdagangan antar daerah, antar kabupaten, antar provinsi, antar pulau. Ini penting sekali untuk diperkuat,” imbuh Presiden.

Jokowi menyebut bahwa ia setuju bahwa perdagangan, turisme, investasi harus dengan segera dimulai. Namun, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.