Jokowi-Modi saksikan pengumuman 15 MoU dua negara

Pengumuman sebanyak 15 dokumen nota kesepahaman kerja sama di sejumlah bidang, telah disaksikan Jokowi dan Narendra Modi hari ini.

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama PM India Narendra Modi memeriksa pasukan ketika saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5)./ Antarafoto

Pengumuman sebanyak 15 dokumen nota kesepahaman kerja sama di sejumlah bidang telah disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5). Sejumlah kerja sama yang diumumkan mencakup sektor pertahanan, antariksa, perhubungan, dan farmasi.

MoU pertama yang disebutkan adalah persetujuan antara pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik India mengenai Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan, yang telah diteken Menteri Pertahanan Indonesia dan Menteri Pertahanan India.

Selanjutnya, dilansir Antara, nota kesepahaman tentang Kerja Sama Eksplorasi dan Penggunaan Antariksa untuk Tujuan Damai yang ditandatangani Kepala LAPAN RI dan Kepala ISRO India.

Menteri Perhubungan RI dan Menteri Perkeretaapian India juga telah menandatangani Memorandum Saling Pengertian mengenai Kerja Sama Teknis di Sektor Perkeretaapian.

Pemerintah Indonesia dan India juga menyepakati Nota Kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Republik India, tentang Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.