Evaluasi PPKM, Jokowi perintahkan harga tes PCR jadi Rp300 ribu

Kasus konfirmasi positif Covid-19 Jawa Bali masing-masing telah turun hingga 98,9%.

Presiden Jokowi saat berpidato dalam Sidang Umum ke-76 PBB secara daring dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/9 /2021)/Foto Tangkapan layar akun YouTube Sekretariat Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air masih cukup baik.

"Pada tingkat yang jauh membaik. Kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa Bali masing-masing telah turun hingga 98,9% dari kasus puncaknya 5 Juli yang lalu," bebernya dalam evaluasi  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Namun, sambung Luhut, dari arahan yang disampaikan Presiden Jokowi pada rapat hari ini, Presiden mengingatkan agar terus waspada lantaran adanya peningkatan kasus di 105 kota/kabupaten seluruh Indonesia.

"Meskipun hal tersebut terkontrol dengan sangat baik. Tapi kami lihat ada indikasi naik turun-naik turun itu," bebernya.

Presiden, lanjut Luhut, melihat mulai lemahnya pengawasan di lapangan, sehingga harus kembali dijaga dan dipertegas pengawasannya. "Kunci dari penyesuaian atau pelonggaran PPKM ialah manajemen pengawasan di lapangan," ungkapnya.