Jokowi perpanjang PPKM, anggota DPR: Sektor kesehatan diutamakan

Keputusan Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa pemerintah tetap mengutamakan sektor kesehatan

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. Foto: dpr.go.id/Ruini/Man

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, menyambut baik perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali hingga 25 Juli. Menurutnya, keputusan Presiden Joko Widodo tersebut menunjukkan bahwa pemerintah tetap mengutamakan sektor kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Tentu kami mengapresiasi keputusan presiden, karena dengan keputusan ini sektor kesehatan tetap tersedia,” kata Melki kepada Alinea.id, Rabu (21/7).

Melki meminta semua pihak terkait tetap berusaha menekan penularan Covid-19, serta meningkatkan kapasitas tracking, tracing. "Isolasi mandiri juga dapat tetap dijalankan dengan baik dan juga di rumah sakit juga tetap menjaga kapasitasnya," ujarnya.

Sebagaimana pernyataan Presiden Jokowi, kata Melki, sektor ekonomi untuk masyarakat bawah dipastikan juga tetap berjalan. Jokowi dalam pernyataan Selasa malam mengatakan, pemerintah akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021 jika kasus Covid-19 di Tanah Air mengalami penurunan. Pelonggaran akan dilakukan di sejumlah sektor seperti pasar hingga tempat makan.