Jokowi puji 5 provinsi karena mampu kendalikan pandemi

Menurut Menkes, cara terbaik menangani pandemi dengan mengendalikan laju penularan.

Ilustrasi. Freepik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji lima pemerintah daerah (pemda) yang diklaim dapat menangani pandemi Covid-19 dengan baik, yaitu DI Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyatakan, presiden mengundang kelima gubernur tersebut untuk berdiskusi tentang penanganan pandemi.

“Saya diminta mendampingi beliau dan melihat bagaimana bertukar pengalaman. Melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi ini, dan beberapa kota di lima gubernur ini juga bisa mengatasi pandemi ini. Kesimpulan kami satu, cara mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan," ucapnya dalam telekonferensi, Kamis (4/2).

Penurunan laju penularan virus, disebutnya, dapat memberi ruang untuk menyiapkan sarana prasarana (sapras) kesehatan. Di sisi lain, mengurangi beban seluruh rumah sakit (RS) di Indonesia.

Budi Gunadi melanjutkan, misi utama perang melawan pandemi Covid-19 dengan mengurangi laju penularan virus. Menggalakkan program Jogo Tonggo, Kampung Tangguh, hingga Desa Siaga, misalnya.