sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi puji 5 provinsi karena mampu kendalikan pandemi

Menurut Menkes, cara terbaik menangani pandemi dengan mengendalikan laju penularan.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Kamis, 04 Feb 2021 13:28 WIB
Jokowi puji 5 provinsi karena mampu kendalikan pandemi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji lima pemerintah daerah (pemda) yang diklaim dapat menangani pandemi Covid-19 dengan baik, yaitu DI Yogyakarta, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyatakan, presiden mengundang kelima gubernur tersebut untuk berdiskusi tentang penanganan pandemi.

“Saya diminta mendampingi beliau dan melihat bagaimana bertukar pengalaman. Melihat bagaimana China bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi ini, dan beberapa kota di lima gubernur ini juga bisa mengatasi pandemi ini. Kesimpulan kami satu, cara mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan," ucapnya dalam telekonferensi, Kamis (4/2).

Penurunan laju penularan virus, disebutnya, dapat memberi ruang untuk menyiapkan sarana prasarana (sapras) kesehatan. Di sisi lain, mengurangi beban seluruh rumah sakit (RS) di Indonesia.

Budi Gunadi melanjutkan, misi utama perang melawan pandemi Covid-19 dengan mengurangi laju penularan virus. Menggalakkan program Jogo Tonggo, Kampung Tangguh, hingga Desa Siaga, misalnya.

“Yang sebenarnya sangat erat dengan budaya asli Indonesia dan sangat tepat untuk menjawab upaya mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan virus ini,” tuturnya.

Menurut dia, program pencegahan penularan virus yang bersifat mikro tersebut dapat menyeimbangkan antara sektor kesehatan dan ekonomi. Jadi, upaya perlindungan di tingkat komunitas terkecil dari kampung hingga keluarga, mengupayakan agar masyarakat tetap bisa hidup normal.

Jokowi sebelumnya mengapresiasi beberapa provinsi di Indonesia yang diklaim memiliki kemampuan menangani pandemi. "Dari seluruh parameter yang kita miliki, memang DIY yang paling baik." 

Sponsored

"Bangka Belitung juga masuk ini yang, yang lima besar yang baik. Bangka Belitung, Pak Gubernur Aceh juga masuk yang ketiga. Sumbar (Sumatera Barat) juga masuk, Sumbar, dan Gorontalo," lanjutnya, melansir situs web Sekretariat Kabinet.

Dirinya pun mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat lantaran turut berprestasi dalam penanganan pandemi. Pangkalnya, banyak pasien sembuh dan tingkat fatalitas rendah. "Target dunia itu sekarang bagaimana menekan angka kematian," tuntas Jokowi.

Berita Lainnya