Jokowi resmi luncurkan 3 program bantuan tunai

Presiden perintahkan para menteri dan kepala daerah untuk mengawal proses penyaluran bantuan.

Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan di Istana Negara, Jakarta/Foto Antara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1). Ada tiga jenis bantuan dalam peluncuran kali ini, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Presiden kemudian memerintahkan para menteri dan kepala daerah agar mengawal proses penyaluran bantuan tersebut agar tepat sasaran tanpa potongan apapun.

“Supaya diingatkan ini kepada penerima dan tetangga-tetangga yang tidak datang hari ini diberitahu tidak ada potongan-potongan. Karena ini dikirimkan langsung kepada penerima, baik nanti lewat bank-bank milik pemerintah maupun lewat kantor Pos,” ujar Jokowi saat me-launching bantuan tersebut dan menyerahkannya secara simbolis pada sejumlah penerima di Istana Negara.

Mantan Wali Kota Solo itu juga berpesan agar para penerima bansos tidak membelanjakannya untuk membeli rokok.

"Ini yang Bapak-bapak terutama, jangan dipakai untuk beli rokok. Belikan sembako sehingga bisa mengurangi beban keluarga di saat masa pandemi ini. Jadi, diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pangan untuk keluarga,” tuturnya melansir setkab.go.id.