Jokowi resmikan Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang

Segmen tol ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan distribusi logistik sekaligus daya saing komoditas Indonesia. 

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Enam Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta, Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (23/08/2021) pagi, di Gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta, segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (23/08) di Gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Presiden dalam sambutannya dikutip dari laman setkab.go.id.

Jalan tol ini merupakan bagian dan melengkapi Jalan Tol Metropolitan Jabodetabek serta bagian dari Lingkar Dalam Jakarta dan Lingkar Luar Jakarta  (Jakarta Outer Ring Road). Keberadaan segmen tol ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan distribusi logistik sekaligus daya saing komoditas Indonesia. 

"Jalan tol ini juga terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus Marunda dan juga terhubung juga dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut) sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita. Dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan semakin baik," kata Presiden. 

Mantan Gubernur DKI itu menekankan, pentingnya skema pembiayaan yang menggunakan bauran pendanaan antara pemerintah, BUMN, dan swasta dalam mempercepat proyek pembangunan nasional, seperti yang dipergunakan dalam pembangunan jalan tol ini.