Jokowi: Selamat jalan Mr. Crack BJ Habibie sang visioner

Jenazah Presiden ke-3 BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara memasukkan tanah secara simbolis di makam almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9)/ Antara Foto

Jenazah Presiden ke-3 BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan Alinea.id, jenazah tiba pada Kamis (12/9) pukul 13.40 WIB dengan diiringi pasukan kehormatan berseragam merah, TNI, keluarga, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jenazah langsung dibawa ke area dekat tanah penggalian yang telah disiapkan. Diketahui, makam Habibie dikebumikan persis di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di TMP Nasional Utama Kalibata Blok M 120.

Prosesi pemakaman Habibie dilaksanakan secara militer. Dimulai dengan pembacaan riwayat hidup, pembacaan apel persada dari inspektur upacara, sambutan dari perwakilan pihak keluarga, tabur bunga, serta terakhir prosesi tabur bunga.

Inspektur upacara pemakaman langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi. Sementara didapuk sebagai komandan upacara, yakni Kolonel Inf Ketut Gede Wetan Pastia.