Jokowi targetkan hasil panen padi Sulsel tembus 2 juta, dukung suplai wilayah lain

Syahrul menambahkan, secara nasional ketersediaan beras saat ini dalam kondisi aman.

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan saat kunjungan kerja panen padi di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (30/3). (Tangkapan layar youtube sekretariat presiden)

Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan langsung proses panen raya padi di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pada hari ini, Kamis (30/2). Dalam kunjungan tersebut, Presiden berharap hasil panen di Sulsel bisa surplus, sehingga stok yang ada bisa didistribusikan ke provinsi lain.

"Saya lihat juga bagus, hasil panen satu hektarnya bisa di angka 5,5 ton. Tapi ini (jenis) Inpari 32, saya kira hasilnya bagus," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya, Kamis (30/3).

Hasil panen 5,5 ton menurutnya sudah cukup baik meski mengalami penurunan, karena kata Jokowi, banyak lahan sawah yang mengalami banjir hingga dua kali. Namun dia optimistis panen raya di Sulsel bisa mendatangkan surplus.

"Mengendalikan cuaca kan bukan perkara yang mudah. Tapi yang paling penting, panen raya di Sulawesi Selatan ini betul-betul nanti bisa mendatangkan surplus yang banyak, sehingga bisa dibawa ke provinsi yang lain," kata Jokowi.

Jokowi pun menargetkan agar hasil panen di Sulsel bisa tembus 2 juta ton. Sehingga hasil panen bisa mengisi suplai yang dibutuhkan dan inflasi terkendali.