Jokowi ungkap fokus penanganan pascagempa di Cianjur

Ada dua hal utama yang jadi fokus pemerintah dalam penanganan bencana pascagempa di wilayah Cianjur.

Keterangan pers Presiden Jokowi usai tinjau lokasi terdampak gempa bumi, Cianjur, 22 November 2022. Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau langsung lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11). Ini merupakan kunjungan kedua setelah tinjauan pertama pada Selasa (22/11) lalu.

Dalam tinjauannya, Jokowi mengungkapkan ada dua hal utama yang jadi fokus pemerintah dalam penanganan bencana pascagempa di wilayah Cianjur. Pertama yakni terkait proses evakuasi, di mana berdasarkan catatan BNPB masih ada 39 korban hilang di Kecamatan Cugenang dan satu korban hilang di Kecamatan Warungkondang.

"Saya ingin memastikan proses evakuasi berjalan dengan baik. Kita tahu di sini masih ada 39 (korban) yang belum ditemukan di satu titik saja," kata Jokowi dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (24/11).

Jokowi menyebut, proses evakuasi menjadi prioritas saat ini. Terlebih di Kecamatan Cugenang yang merupakan konsentrasi titik pencarian korban hilang.

"Sehingga proses evakuasi menjadi prioritas saat ini, dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," ujarnya.