sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi ungkap fokus penanganan pascagempa di Cianjur

Ada dua hal utama yang jadi fokus pemerintah dalam penanganan bencana pascagempa di wilayah Cianjur.

Gempita Surya
Gempita Surya Kamis, 24 Nov 2022 11:25 WIB
Jokowi ungkap fokus penanganan pascagempa di Cianjur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau langsung lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11). Ini merupakan kunjungan kedua setelah tinjauan pertama pada Selasa (22/11) lalu.

Dalam tinjauannya, Jokowi mengungkapkan ada dua hal utama yang jadi fokus pemerintah dalam penanganan bencana pascagempa di wilayah Cianjur. Pertama yakni terkait proses evakuasi, di mana berdasarkan catatan BNPB masih ada 39 korban hilang di Kecamatan Cugenang dan satu korban hilang di Kecamatan Warungkondang.

"Saya ingin memastikan proses evakuasi berjalan dengan baik. Kita tahu di sini masih ada 39 (korban) yang belum ditemukan di satu titik saja," kata Jokowi dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (24/11).

Jokowi menyebut, proses evakuasi menjadi prioritas saat ini. Terlebih di Kecamatan Cugenang yang merupakan konsentrasi titik pencarian korban hilang.

"Sehingga proses evakuasi menjadi prioritas saat ini, dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," ujarnya.

Kemudian, pemerintah juga berfokus pada penyaluran logistik di lapangan untuk masyarakat terdampak gempa. Jokowi menyebut kebutuhan masyarakat di tenda-tenda pengungsian akan dipastikan dapat didistribusikan dengan baik.

"Yang kedua, saya ingin memastikan logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Makanan, obat-obatan, semuanya. Termasuk juga kekurangan tenda, tadi ada juga keluhan air. Karena memang ini titiknya banyak, sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan," terang Jokowi.

Ditambahkan Jokowi, salah satu kendala yang dihadapi saat menyalurkan logistik bantuan bagi masyarakat terdampak yakni cuaca dan kondisi tanah yang labil, serta adanya potensi gempa susulan. Sehingga, menurutnya, perlu kehati-hatian dalam pendistribusian logistik ke tenda-tenda pengungsian.

Sponsored

Kendati demikian, Jokowi menyebut koordinasi dan pemetaan wilayah telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, sehingga proses distribusi logistik diharapkan dapat segera dilakukan.

"Saya ingin pastikan (logistik) itu semua segera terdistribusi," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengunjungi masyarakat di tenda-tenda pengungsian dan membagikan bantuan berupa makanan, selimut, serta bantuan dana. Turut mendampingi Jokowi di antaranya yakni Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Berdasarkan data BNPB hingga Rabu (23/11) sore, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Cianjur menjadi 271 orang. Jumlah ini mengalami penambahan dibandingkan data pada Selasa (22/11) yakni 268 korban jiwa.

Adapun korban luka menjadi 2.043 orang, dan masih ada 40 orang dilaporkan hilang. Sementara, warga mengungsi sebanyak 61.908 orang. BNPB juga mencatat kerugian materil yakni tercatat 56.320 rumah mengalami kerusakan.

Jumlah tersebut terdiri dari rumah rusak berat 22.241 unit, rumah rusak sedang 11.641 unit, rumah rusak ringan 22.090 unit. Suharyanto menyebut data yang tercatat ini akan terus diverifikasi.
 

Berita Lainnya
×
tekid