Bertemu PM Jepang, Jokowi yakin kinerja kerja sama ekonomi menguat

Jokowi mengajak PM Kishida bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan KTT G20.

Presiden Jokowi bertemu PM Jepang Fumio Kishida di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11) (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Bali, Senin (14/11). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak PM Kishida bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 agar menghasilkan deklarasi bersama.

"Harapan dunia sangat besar terhadap G20 sebagai katalis pemulihan global. Kesuksesan G20 merupakan collective responsibility dari seluruh negara G20," kata Jokowi dalam keterangannya.

Ada beberapa hal yang disampaikan Jokowi dalam pertemuan tersebut, salah satunya terkait kerja sama ekonomi Indonesia dengan Jepang. Dalam hal ini, Jokowi mendorong penyelesaian IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement).

"Kinerja kerja sama ekonomi kita cukup baik. Saya yakin kinerja ini akan dapat lebih baik jika kita dapat selesaikan IJEPA segera," ujarnya.

Kemudian, Jokowi juga membahas mengenai pembangunan infrastruktur. Disampaikan Jokowi, pihaknya mengapresiasi terlaksananya penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 dan kerja sama studi MRT fase 3.