Jubir Penanganan Covid-19: Jakarta rentan terpapar Covid-19

Kemungkinan terjadinya kontak dari kasus positif cukup besar.

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada salah satu stan di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (17/3).Foto Antara/M Risyal Hidayat/nz

Pasien positif coronavirus atau Covid-19 bertambah menjadi 172 orang, dan sebagian besar berasal dari Provinsi DKI Jakarta.

Juru Bicara Istana untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, memaklumi keadaan itu. Menurut dia, wilayah yang paling rentan terpapar Covid-19 memang DKI Jakarta.

"Dari 172 kasus terbanyak di DKI. Kami maklumi bahwa pintu gerbang di DKI cukup besar, dan mobilitas penduduk sangat tinggi. Kemungkinan terjadinya kontak dari kasus positif cukup besar," kata laki-laki yang akrab disapa Yuri ini, saat konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (17/3).

Sejumlah kasus yang ditemukan di DKI merupakan hasil kinerja jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI dan didukung kepolisian, serta pemerintah daerah. Tiga instansi ini bekerja sama untuk melakukan tracking sebagai upaya penanganan Covid-19 di wilayah DKI.

Sebenarnya masih ada lagi pasien yang sempat dirujuk ke berbagai rumah sakit rujukan khusus Covid-19. Namun mereka dinyatakan negatif dan diizinkan pulang ke rumah.