Jubir presiden: Akan ada Wamendikbud dampingi Nadiem Makarim

Ke depan akan ada satu wakil menteri (wamen) dan satu Wakil Panglima TNI.

Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman, usai upacara dan ziarah nasional di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11). Alinea.id/Akbar Ridwan.

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menepis isu akan ada penambahan enam wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Namun, ia mengaku, ke depan akan ada satu wakil menteri (wamen) dan satu Wakil Panglima TNI.

Jabatan Wakil Panglima TNI, kata Fadjroel, merujuk para Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Sementara, satu wamen akan ditempatkan untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mendampingi Nadiem Makarim. Aturan ini merujuk Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jadi di luar itu, seperti Pak Jokowi mengatakan, belum dibicarakan. Jadi yang sudah terbit (perpresnya) kita akan proses secepatnya, sekarang ini dalam proses," ucap Fadjroel kepada para wartawan usai menghadiri upacara dan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Ketika disinggung apakah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berasal dari kalangan Muhammadiyah, Fadjroel tak berkomentar. Menurut dia, yang harus dilihat tugasnya sesuai dengan perpres. Ia meminta, agar tak melihat siapa dan dari unsur apa yang akan ditunjuk.