sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jubir presiden: Akan ada Wamendikbud dampingi Nadiem Makarim

Ke depan akan ada satu wakil menteri (wamen) dan satu Wakil Panglima TNI.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Minggu, 10 Nov 2019 11:00 WIB
Jubir presiden: Akan ada Wamendikbud dampingi Nadiem Makarim

Juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menepis isu akan ada penambahan enam wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Namun, ia mengaku, ke depan akan ada satu wakil menteri (wamen) dan satu Wakil Panglima TNI.

Jabatan Wakil Panglima TNI, kata Fadjroel, merujuk para Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Sementara, satu wamen akan ditempatkan untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mendampingi Nadiem Makarim. Aturan ini merujuk Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jadi di luar itu, seperti Pak Jokowi mengatakan, belum dibicarakan. Jadi yang sudah terbit (perpresnya) kita akan proses secepatnya, sekarang ini dalam proses," ucap Fadjroel kepada para wartawan usai menghadiri upacara dan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Ketika disinggung apakah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berasal dari kalangan Muhammadiyah, Fadjroel tak berkomentar. Menurut dia, yang harus dilihat tugasnya sesuai dengan perpres. Ia meminta, agar tak melihat siapa dan dari unsur apa yang akan ditunjuk.

Ia pun menepis anggapan bahwa posisi wamen merupakan upaya Jokowi untuk menampung pendukungnya yang belum mendapatkan posisi.

"Tidak ada diskusi mengenai hal tersebut. Kami hanya mendiskusikan mengenai tugasnya saja, kemudian nama-nama masih di dalam pembicaraan," kata dia.

Saat ini, pos wamen ada 12 orang. Mereka, antara lain Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar; Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono; Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi; Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara; Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga; Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetimpo; Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong; Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi; Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra; Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin; serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Sponsored