Jumlah penderita coronavirus naik jadi 117 orang

Para penderita tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak.

Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut ada 21 kasus baru per hari ini (15/3)./Antara Foto

Jumlah penderita coronavirus atau COVID-19 di Indonesia menjadi 117 orang per Minggu (15/3). Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes sekaligus juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut ada 21 kasus baru per hari ini. 

"Sebanyak 19 di Jakarta dan 2 di Jawa Tengah. Total menjadi 117 (kasus). Sebenarnya ini adalah pengembangan dari tracing kasus sebelumnya, saya tidak akan sampaikan satu per satu," kata Yurianto di lingkungan Istana Presiden Jakarta, Minggu (15/3).

Pada Sabtu (14/3), ada 96 orang dinyatakan positif COVID-19 di Indonesia dengan korban meninggal 5 orang dan jumlah yang sudah sembuh 8 orang. Mereka tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak.

"Contoh kasus di Solo seluruh kontaknya pulang ke Magetan di Jawa Timur. Ini kan berarti ada pergerakan dari Jakarta, Solo lalu ke Magetan, ini akan kita 'tracing', yang paling penting kita hadapi adalah bagaimana kita masing-masing menahan diri, tidak panik. Kalau tidak perlu jangan dilakukan dalam rangka mencegah penularan," ungkap Yurianto.

Yurianto juga meminta agar masyarakat agar tidak perlu datang ke tempat yang ramai.