Kantor Polsek Amalatu diserang, satu warga tewas

Belum dapat dipastikan warga yang tewas terkena tembakan Brimob atau massa.

Ilustrasi pelemparan batu oleh warga. Pixabay

Kantor Polsek Amalatu, Kabupaten Seram, Provinsi Maluku, diserang sejumlah warga Desa Latu, Kecamatan Amalatu pada Kamis (16/5) sore. Seorang warga dilaporkan tewas. Sementara dari pihak kepolisian diketahui ada yang terluka tembak.

Kabid humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohirat mengatakan warga menyerang kantor Polsek Amalatu dengan cara melemparkan batu dan bom molotov. Penyerangan oleh masyarakat tersebut terjadi pada pukul 15.00 WITA. Ketika penyerangan itu, polisi sempat meredam amarah warga. 

Namun, pada malam harinya pihak kepolisian melakukan penebalan pengamanan dengan mengerahkan 25 anggota Brimob. Kedatangan para personel Brimob tersebut lantas disambut penyerangan kembali oleh warga.

“Bentrokan tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dunia akibat terkena tembakan. Dua orang lainnya mengalami luka-luka. Walau demikian, masih belum dapat dipastikan apakah seorang warga yang meninggal dunia tersebut terkena tembakan anggota Brimob atau warga,” kata Roem saat dibhubungi dari Jakarta pada Kamis (16/5).

Selain mengakibatkan seorang warga meninggal dunia, bentrokan tersebut juga memakan korban dari pihak kepolisian yang ketika itu tengah berjaga. Petugas polisi tersebut mengalami luka tembak. Sementara kondisi Polsek Amalatu yang diserang warga kini mengalami kerusakan pada bagian kaca karena dilempari batu.