Kapolri kepada 9 kapolda baru: Saya awasi dan akan evaluasi

Para kapolda maupun pejabat utama Polri yang baru dilantik harus mampu menjalankan tugas pokok melindung, mengayomi dan melayani.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri di Gedung Rupatama, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). Dok: Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan tugas para kapolda baru, untuk merengkuh kembali kepercayaan publik yang selama ini hilang karena tergerus isu-isu tak sehat. Sebut saja, isu Sambo, insiden Kanjuruhan, terlibatnya Irjen Teddy MInahasa dengan narkotika, dan perkara kecil lainnya yang viral di media sosial.

Sigit mengatakan, kepolisian sempat mencapai kepuasaan dari publik dengan nilai tertinggi beberapa waktu lalu. Ia menekankan hal tersebut dalam amanatnya kala  memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri di Gedung Rupatama, Jakarta Selatan, Selasa, (18/10).

"Saya titipkan kepada rekan-rekan semua kembalikan kepercayaan publik, kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri," kata Sigit dalam keterangan, Selasa (18/10).

Sigit menyebut, akan melakukan pemantauan serta pengawasan langsung. Jika jajarannya tidak sanggup meraih lagi kepercayaan publik, maka sebagai pimpinan, Sigit tidak akan segan melakukan evaluasi terhadap siapapun. 

"Saya akan ikuti, saya akan awasi. Dan yang tidak bisa, tidak sanggup, tidak mampu saya akan lakukan evaluasi," ujar Sigit.