Kapolri klaim pelayanan masyarakat kini secepat pesan piza

Ke-15 aplikasi layanan masyarakat disebut mempercepat kerja Polri.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit. Dokumentasi Polri

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengklaim, pelayanan masyarakat oleh Polri secepat memesan piza. Hal itu dipastikannya lantaran "Korps Bhayangkara" baru saja mengeluarkan 15 aplikasi layanan masyarakat.

"Saat ini, Polri telah menerapkan 15 aplikasi pelayanan publik dengan online system dan delivery system sehingga pelayanan publik Polri dapat lebih cepat, mudah, serta transparan dengan prosedur yang sederhana agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan piza," kata Sigit dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Rabu (16/6).

Ke-15 aplikasi layanan tersebut terdiri dari SIM Internasional Online, SIM Nasional Presisi (SINAR), Ujian Teori SIM Online (EAVIS), E-PPSI (Elektronik Pemeriksaan Psikologi), E-Rikkes (Elektronik Pemeriksaan Kesehatan), BOS (Binmas Online Sistem), Polri TV/Radio, Samsat Digital Nasional (SIGNAL), SKCK Online, Pelayanan Masyarakat SPKT, Aduan SPKT, SP2HP Online, Patrolisiber.id, Dumas Presisi, dan Propam Presisi.

Saat ini, tambah Sigit, Polri juga telah menyediakan nomor tunggal layanan saluran siaga (hotline) 110 untuk masyarakat. Selain menjadikan pelayanan yang cepat kepada publik, kanal itu juga dapat menjadi sarana pengawasan para atasan kepada bawahannya.

"Sejak hotline nomor layanan polisi 110 di-launching pada 20 Mei 2021, kurang lebih 20 hari, telah menerima 1.455.954 panggilan," ujarnya.