Kapolri lakukan rotasi jabatan, tiga Kapolda bergeser

Kapolri merotasi Kapolda Lampung, Gorontalo, dan Papua Barat.

Ilustrasi Divisi Humas Polri. Alinea.id/Oky Diaz.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi jabatan terhadap tiga jabatan Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda). Tiga kapolda ini meliputi Kapolda Papua Barat, Gorontalo, dan Lampung.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, selain tiga jabatan itu, Kapolri juga melakukan mutasi terhadap pejabat tingkat Polda, Kapolres, dan jabatan penguatan lainnya. Semua jabatan yang dimutasi tertuang dalam surat telegram (TR) Kapolri tersebut.

"TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi. Dilakukan peningkatan performance kinerja kepolisian," kata Dedi di Mabes Polri, Selasa (21/6).

Dedi menyampaikan, rotasi dan mutasi jabatan itu dituangkan dalam lima surat telegram. Kelima surat yakni NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Dalam surat telegram tersebut, Kapolda Papua Barat saat ini Irjen Tornagogo Sihombing akan menduduki posisi Wairwasum Polri. Sementara, jabatan Kapolda Papua Barat akan ditempati oleh Irjen Daniel Tahi Silitonga.