Karo Kepegawaian turut instruksikan luluskan Haris Hasanuddin

"Yang Haris Hasanuddin ini dilanjutkan terlebih dahulu, nanti akan digugurkan di seleksi selanjutnya.”

Mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddi berjalan saat akan menjadi saksi untuk Terdakwa dugaan kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama Romahurmuziy di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Antara Foto

Kepala Sub Bagian Pengadaan Pegawai dan Pertimbangan Pegawai Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Septian Saputra, turut bersaksi dalam persidangan jaul beli jabatan di Kementerian Agama yang menjerat Haris Hasanuddin, bekas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. 

Dalam kesaksiannya, Septian mengatakan, jika dirinya pernah diinstruksikan oleh bekas Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Ahmadi, untuk meloloskan Haris Hasanuddin saat proses seleksi administrasi untuk pencalonan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. 

Padahal, nama Haris tak memenuhi syarat untuk diloloskan lantaran dia sedang menjalani hukuman disiplin. Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan kasus suap pengisian jabatan di lingkungan Kemenag Jawa Timur. 

Mulanya Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wawan Yunarwanto, menanyakan adanya permintaan untuk meloloskan Haris Hasanuddin saat proses seleksi administrasi.

“Ada Pak. Pak Karo, Pak Ahmadi,” kata Septian saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (6/11).