Karyawan kena Covid-19, HM Sampoerna karantina produk lima hari

Karantina tersebut dua hari lebih lama dari batas atas stabilitas lingkungan Covid-19 yang disarankan European CDC.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok menyemprotkan cairan disinfektan ke kepala rekannya usai melaksanakan rapid test Covid-19 terhadap ABK MV Carnival Splendor saat tiba di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Foto Antara/Nova Wahyudi

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (HMSP) memutuskan untuk mengarantina produk mereka selama lima hari, setelah dua karyawan yang positif Covid-19 meninggal dunia.

Direktur HM Sampoerna Elvira Lianita dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (1/5) mengatakan, karantina tersebut dua hari lebih lama dari batas atas stabilitas lingkungan Covid-19 yang disarankan European Centre for Disease Prevention and Control atau CDC.

"Selain memastikan mematuhi semua peraturan yang berlaku dan menjalankan protokol kesehatan, Sampoerna memastikan kualitas produk merupakan prioritas perusahaan," ujar Elvira.

Sebagai informasi, European CDC mengatakan Covid-19 dapat bertahan selama 72 jam pada permukaan plastik dan stainless steel, kurang dari empat jam pada tembaga, dan kurang dari 24 jam pada kardus.

Sesuai arahan dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sampoerna telah menerapkan protokol yang dianjurkan.