Kasus Covid kembali naik, pemda diminta memastikan kesiapan faskes

Lonjakan kasus aktif Covid-19 di Tanah Air karena varian Omicron beberapa hari terakhir, pempus langsung berkoordinasi dengan pemda.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (peci hitam), saat meninjau ruang perawatan pasien di RSD Covid-19 pada fasilitas Kemenhan, Gedung Pusdiklat Jemenhan dan Pusdiklat Bahasa, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/7/2021). Dokumentasi Kemenhan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta, agar pemerintah daerah memastikan kesiapan fasilitas kesehatan. Mulai dari jumlah rumah sakit, ketersediaan obat-obatan, tabung oksigen, kebutuhan dan ketersediaan fasilitas isolasi terpusat jika nantinya dibutuhkan, dan juga kesiapan tenaga Kesehatan di setiap wilayah.

“Dengan lonjakan kasus aktif Covid-19 di Tanah Air karena varian Omicron beberapa hari terakhir, pemerintah pusat langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan semua fasilitas kesehatan. Persiapan-persiapan sebagai langkah antisipasi ini, harus dipastikan mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali,” ujar Menko Airlangga, dalam rapat pembahasan teknis dan evaluasi level PPKM pada Jumat (4/2). 

Menko Airlangga menerangkan, adapun proporsi kasus konfirmasi harian, kasus aktif, dan kematian untuk luar Jawa-Bali relatif masih rendah. Namun, tren kenaikan selama beberapa waktu terakhir ini sudah cukup tinggi. 

“Hal ini patut menjadi perhatian kita semua, dan menjadi kewaspadaan kita untuk segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi," pungkasnya.

Berdasarkan data Komite PCPEN, data Kasus Aktif per 3 Februari 2022 pada 27 provinsi di luar Jawa Bali, dibandingkan dengan data per 1 Januari 2022, terdapat 16 provinsi yang kasus aktifnya mengalami kenaikan di atas 80%.