Mayoritas kasus Omicron dari PPLN, Menko Luhut: Mohon tunda ke luar negeri

Pemerintah juga telah menyiapkan skenario antisipasi untuk menghadapi lonjakan kedatangan pelaku perjalanan internasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Instagram @luhut.pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan mengatakan, kasus Omicron semakin naik dan telah terdeteksi 46 kasus per hari ini.

“Kasus konfirmasi Omicron di Indonesia telah mencapai 46 kasus. Hampir seluruhnya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Sisanya adalah petugas di Wisma Atlet,” kata Menko Luhut, dalam keterangannya, Senin (27/12) .

Sementara per Minggu (26/12), penyebaran Omicron di dunia semakin meluas dan telah terdeteksi di 115 negara dunia dengan total kasus mencapai lebih dari 184.000.

Dengan perkembangan itu, Menko Luhut mendorong para orang tua di daerah, untuk segera membawa anak-anaknya agar divaksinasi. 

"Kita tetap harus hati-hati, karena data di negara lain menunjukkan kasus anak mengalami peningkatan karena Omicron," ujarnya.