Kaum papa dan rentan miskin Jakarta dapat bantuan sembako besok

Pemprov Jakarta menyalurkan bansos kepada kelompok masyarakat terdampak Covid-19 hingga ke tingkat RW.

Relawan memberikan bantuan makanan dan minuman gratis kepada pengendara motor yang melintas di Bundaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Kota Surabaya, Jatim, Selasa (7/4/2020). Foto Antara/Moch. Asim

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mendistribusikan sembako kepada kaum papa dan rentan miskin terdampak pandemi coronavirus anyar (Covid-19), besok (Kamis, 9/10).

"Kebutuhan masyarakat yang miskin dan rentan miskin, nanti kita akan bisa bantu," kata Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (8/4). Penyaluran dilakukan sehari sebelum penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), menyusul terbitnya Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/MENKES/239/2020 tertanggal 7 April 2020.

Kebutuhan pokok bakal disalurkan kepada 3,7 juta warga Jakarta. Terdiri dari 1,1 juta masyarakat miskin dan 2,6 juta penduduk rentan miskin―umumnya pekerja informal. Macam pengemudi ojek daring (online) dan pedagang kaki lima (PKL).

Anggaran yang dialokasikan Rp4,6 triliun. Bantuan sosial (bansos) dikucurkan selama dua bulan, April-Mei. Besaran untuk kelompok rentan miskin sebesar Rp1 juta per keluarga.

Bantuan, terang Anies, dikirimkan ke setiap rukun warga (RW). Dalam pelaksanaannya, Pemprov Jakarta akan menggandeng TNI dan Polri.