KedaiKOPI: Terjadi penurunan tingkat optimisme generasi muda

Indeks optimisme generasi muda di Indonesia dibagi menjadi lima sektor, di antaranya sektor kebutuhan dasar, pendidikan dan kebudayaan.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Laporan Survei Indeks Optimisme Generasi Muda Indonesia 2022 oleh lembaga KedaiKOPI yang bekerja sama dengan Good News From Indonesia yang diselenggarakan pada 7-22 Juli 2022, menunjukan terjadinya penurunan tingkat optimisme generasi muda di Indonesia 2022.

“Kami sudah dua tahun melakukan indeks ini yaitu 2021 dan 2022. Hasilnya menurun 4%. Optimisme generasi muda terhadap negara ini turun 4%, dari 64% menjadi 60%,” kata pengamat politik Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio, dalam seminar nasional terkait “Agenda Politik 2024: Modal Bagi Penguatan Ekonomi Nasional” yang dipantau secara daring, Rabu (24/8)  

Indeks optimisme generasi muda di Indonesia dibagi menjadi lima sektor yaitu, sektor kebutuhan dasar, pendidikan dan kebudayaan, ekonomi dan kesehatan, kehidupan sosial, serta politik dan hukum.

Kebutuhan dasar
Optimisme generasi muda pada sektor kebutuhan dasar sebesar 80,6% pada tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya hanya 75,1%. 

Pendidikan dan kebudayaan
Pada sektor pendidikan dan kebudayaan optimisme generasi muda di Indonesia mengalami penurunan dari tahun sebelumnya hanya sebesar 77% dari 83,9%.