Kelompok kriminal bersenjata bantai 31 karyawan BUMN di Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan pembantaian terhadap 20 karyawan BUMN Istaka Karya yang tengah membangun jembatan di Papua.

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan pembantaian terhadap 20 karyawan BUMN Istaka Karya yang tengah membangun jembatan di Papua. / Facebook

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan pembantaian terhadap 20 karyawan BUMN Istaka Karya yang tengah membangun jembatan di Papua.

Dalam keterangan resmi yang diperoleh Alinea.id dari Polda Papua, disebutkan kronoligis kejadian terjadi pada Senin (3/12) sekitar pukul 15.30 WIT. Diperoleh informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi pembunuhan terhadap para pekerja proyek PT Istaka Karya (Persero) yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak. 

Dari informasi masyarakat bahwa pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya terjadi pada hari Minggu (2/12) di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi Kabupaten Nduga. 

Sebelumnya pada hari Sabtu (1/12) sekitar pukul 20.30 WIT, Project Manager PT Istika Karya paket pembangunan jembatan Habema-Mugi, Cahyo, mendapat telepon dari nomor yang biasa dipegang oleh Koordinator lapangan PT Istika Karya pengerjaan proyek pembangunan jembatan Habema-Mugi, Jhoni. Akan tetapi, Cahyo tidak paham dengan maksud pembicaraan orang yang menelepon tersebut.

Jhoni, selaku Koordinator lapangan PT Istika Karya pengerjaan proyek pembangunan jembatan Habema-Mugi, yang saat ini sedang melaksanakan pembangunan jembatan di Kali Aurak, Kali Umtlat, Kali Yigi, Kali Nigidirik Distrik Yigi Kabupaten Nduga. Terakhir PPK Satker PJN IV PU Binamarga wilayah Habema-Kenyam bernama Monang Tobing komunikasi sms dengan Jhoni pada tanggal 30 November 2018.