Kembali berulah, KKB bakar sekolah di Intan Jaya

Kejadian diketahui sekitar pukul 17.50 WIT, ketika anggota melihat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa.

Penampakan gedung Sekolah Satu Atap YPPGI-SMP Negeri 2 Hitadipa terbakar akibat ulah KKB di Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (30/3/2022). Dokumentasi Polda Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar sekolah dan menganiaya warga sipik di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (30/3). Kejadian diketahui sekitar pukul 17.50 WIT, ketika anggota melihat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa. 

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, aksi tersebut dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya. 

"Mereka tidak hanya membakar gedung sekolah, mereka juga melakukan penganiayaan terhadap dua warga sipil. Salah satunya adalah guru di sekolah yang mereka bakar," katanya dalam keterangannya, Kamis (31/3).

Polda Papua pun langsung mengerahkan personel ke lapangan untuk melakukan penyelidikan. Hasilnya, KKB diketahui membakar gedung Sekolah Satu Atap Hitadipa.

Berdasarkan keterangan saksi, gerombolan KKB, yang berjumlah sekitar puluhan orang, masuk ke dalam Kampung Hitadipa pada pukul 16.30 WIT. Mereka lalu membakar gedung Sekolah Satu Atap YPPGI-SMP Negeri 2 Hitadipa, yang memiliki 9 kelas.