Kemenag rilis 4 produk digital Alquran

Pengembangan produk layanan ke-Alquranan berbasis digital sudah dilakukan LPMQ sejak 2015.

Umat muslim dari berbagai kalangan mengikuti kegiatan Gerakan Mengaji Bersama di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (4/11). Foto Antara

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kementerian Agama (Kemenag) merilis empat produk Alquranan berbasis digital pada Rabu, (27/1). Di antaranya, Quran Kemenag Android, Quran Kemenag in Ms Word, lima Judul Film Dokumenter Tafsir Ilmi, serta Distingsi Terjemahan Al-Qur'an edisi penyempurnaan 2019.

"LPMQ Kemenag terus berkomitmen untuk melakukan pengembangan dan perbaikan layanan di bidang Al-Qur'an. Empat produk yang diluncurkan hari ini merupakan hasil pengembangan yang kami lakukan, dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala LPMQ Muchlis Hanafi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/1).

Muchlis menuturkan, pengembangan produk layanan ke-Alquranan berbasis digital sudah dilakukan LPMQ sejak 2015. Langkah pertama, LPMQ merilis aplikasi Qur'an Kemenag Android pada 2016. 

Berjalan selama lima tahun, dia berharap aplikasi tersebut menjadi jauh lebih baik. Selanjutnya, Muchlis menyadari, di era digitalisasi saat ini tuntutan transformasi layanan digital merupakan keniscayaan. Transformasi ini juga termasuk di bidang ke-Alquranan.

"Saat ini, kami tahu masyarakat hampir sebagian besar telah mengakses internet. Maka LPMQ  pun berharap seluruh produk yang kita punya, mulai dari mushaf hingga tafsir dapat diakses oleh umat secara digital," kata dia.