Kemendikbud: Tahun ajaran baru tetap dimulai pada 20 Juli

Namun kegiatan belajar mengajar tidak serta merta dilakukan dengan tatap muka di sekolah.

Guru SD berkomunikasi dengan siswa saat proses belajar mengajar (PBM) melalui aplikasi media daring dirumahnya di Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4/2020).Foto Antara/Arif Firmansyah/foc

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap memulai tahun ajaran baru 2020/2021 pada 20 Juli mendatang. Namun, kegiatan belajar mengajar tidak serta merta dilakukan dengan cara tatap muka di sekolah.

“Artinya, model pembelajaran akan tergantung dengan perkembangan kondisi,” ujar Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Evy Mulyani dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (9/6).

Bisa jadi, sebagian sekolah tetap melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagaimana tiga bulan terakhir. Kemendikbud juga tetap akan mengupayakan alternatif pembelajaran berbasis internet, memanfaatkan siaran televisi, radio, hingga modul mandiri.

Evy mengatakan, model pembelajaran di tahun ajaran baru 2020/2021 masih dikaji. Kemendikbud masih berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait dengan itu.

“Kami mengutamakan kesehatan dan keselamatan insan pendidikan,” tutur Evy.