Kemenhub gandeng swasta bangun bandara baru Kediri

Kemenhub gandeng PT Surya Dhoho Investama bangun bandara baru Kediri.

(Kiri) Plt Dirjen Perhubungan Udara Isnin Istiartono dengan (Kanan) Presiden Direktur (Presdir) PT Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta menandatangani perjanjian Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau KPBU unsolicited Bandara Baru Kediri, Jawa Timur di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Rabu (7/9) (dephub.go.id)

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menandatangani perjanjian kerja sama yang menggandeng badan usaha atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau KPBU unsolicited Bandara Baru Kediri, Jawa Timur. Penandatanganan ini resmi dilakukan oleh Plt Dirjen Perhubungan Udara Isnin Istiartono dengan Presiden Direktur (Presdir) PT Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta.

Bandara Baru Kediri merupakan bandara pertama di Indonesia yang diprakarsai dan diusulkan pembangunannya dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini momen bersejarah karena menjadi perjanjian KPBU unsolicited pertama di Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar dikutip dari keterangan resmi Kemenhub, Rabu (7/9).

Luhut mengapresiasi inisiatif PT Surya Dhoho Investama dalam membangun bandara baru ini. Apresiasi juga disampaikan bagi Kementerian/Lembaga (K/L), pemerintah, dan instansi terkait yang telah mendukung kelancaran proses pembebasan lahan, perizinan dan proses lain menyangkut percepatan pembangunan bandara.

“Alhamdulillah pembebasan lahan sudah terselesaikan dan saat ini pembangunannya sudah berjalan dengan baik,” ucapnya.