Kemenhub siagakan 12 kapal motor untuk tempat isoter terapung

Sebanyak 7 pemda sudah memanfaatkan 6 kapal motor milik PT Pelni sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) terapung.

KM Umsini dimanfaatkan sebagai lokasi isoter terapung bagi pasien Covid-19 tanpa gejala hingga bergejala ringan di Kota Makassar, Sumsel. Dokumentasi PT Pelni

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pihaknya menyiagakan 10-12 kapal motor (KM) tambahan sebagai lokasi isolasi terpusat (isoter) terapung. Pemanfaatannya bakal diprioritaskan bagi daerah yang memiliki kasus Covid-19 tinggi.

Dia pun meminta fasilitas tersebut dimanfaatkan dengan maksimal dengan dalih proses penyembuhan lebih cepat, sekitar 5 hari. Dicontohkannya dengan pengalaman di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Dari 50 orang yang melakukan isoter di kapal (di Makassar), dalam lima hari sudah bisa sembuh karena di isoter ada udara yang mengandung klorin yang bisa menstilmulus dan memepercepat kesembuhan," ujarnya saat meninjau pelayanan isoter terapung KM Bukit Raya di pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara (Sumut), pada Sabtu (21/9).

Selain itu, sambung Budi Karya, lebih aman lantaran potensi menularan ke orang lain lebih kecil. Sedangpun isolasi di rumah berpeluang menimbulkan klaster keluarga.

Penyediaan kapal isoter ini merupakan bentuk dukungan Kemenhub bersama stakeholder terkait, dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia.