Kemenkes gandeng BMGF transformasi layanan kesehatan Indonesia

Kerja sama kedua pihak mencakup 3 hal. Salah satunya implementasi agenda transformasi kesehatan Indonesia.

Kemenkes menggandeng Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) untuk melakukan transformasi layanan kesehatan di Indonesia. Dokumentasi Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng The Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dalam melakukan transformasi pelayanan kesehatan di Indonesia. Kerja sama ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Kamis (8/6).

Dalam MoU tersebut, kerja sama Kemenkes-Bill & Melinda Gates Foundation mencakup 3 hal. Yakni, implementasi agenda transformasi kesehatan Indonesia, pengembangan kebijakan kesehatan yang berdampak lebih baik, dan dukungan kepemimpinan Indonesia dalam penguatan arsitektur kesehatan di ASEAN.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan, transformasi kesehatan menjadi bagian utama adalah transformasi pelayanan primer. Dalihnya, transformasi pelayanan primer bakal menjadi intervensi pelayanan kesehatan terbaik.

"Saya sangat yakin hal itu dapat meningkatkan kualitas dan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Di samping itu, juga ini merupakan cara termurah dan terbaik untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," tuturnya.

Selain transformasi pelayanan primer, menurutnya, ada 5 pilar transformasi lainnya yang harus dicapai untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Pertama, pilar kedua (layanan rujukan), yang mendorong pemerataan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), khususnya layanan spesialis bagi penyakit penyebab kematian terbanyak sekaligus pembiayaan tertinggi di Indonesia: jantung, stroke, kanker, dan ginjal.