Kemenkes umumkan peraih penghargaan Swasti Saba 2021

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat, melalui pemda yang telah berupaya mewujudkan daerah sehat.

Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Swasti Saba 2021 kepada kabupaten/kota, Rabu (17/11). Foto tangkapan layar kanal YouTube Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes

Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Swasti Saba 2021 kepada kabupaten/kota bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan dan lainnya. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat, melalui pemerintah daerah yang telah berupaya mewujudkan kabupaten/kota yang sehat. 

Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenenterian Kesehatan Republik Indonesia Kartini Rustandi menyampaikan, pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk gerakan agar keadaan di Indonesia bisa kembali seperti sedia kala. Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat 2021 sudah menerima 155 dokumen kabupaten/kota sehat dari 23 provinsi. 

“Salah satu upaya dimana ingin negeri kita menjadi sehat dan bagaimana Indonesia kembali tumbuh,” ucap Kartini Rustandi melalui siaran langsung di kanal YouTube Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes, pada Rabu (17/11) pagi. 

Selain pemberian penghargaan Anigerah Swasti Saba kepada kabupaten/kota sehat, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada tempat pengelolaan pangan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Dalam kegiatan ini sebanyak tiga provinsi terpilih sebagai Tim Pembina Kabupaten/Kota sehat terbaik, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.