close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Swasti Saba 2021 kepada kabupaten/kota, Rabu (17/11). Foto tangkapan layar  kanal YouTube Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes
icon caption
Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Swasti Saba 2021 kepada kabupaten/kota, Rabu (17/11). Foto tangkapan layar kanal YouTube Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes
Nasional
Rabu, 17 November 2021 13:13

Kemenkes umumkan peraih penghargaan Swasti Saba 2021

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat, melalui pemda yang telah berupaya mewujudkan daerah sehat.
swipe

Pemerintah memberikan penghargaan Anugerah Swasti Saba 2021 kepada kabupaten/kota bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan dan lainnya. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat, melalui pemerintah daerah yang telah berupaya mewujudkan kabupaten/kota yang sehat. 

Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenenterian Kesehatan Republik Indonesia Kartini Rustandi menyampaikan, pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk gerakan agar keadaan di Indonesia bisa kembali seperti sedia kala. Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat 2021 sudah menerima 155 dokumen kabupaten/kota sehat dari 23 provinsi. 

“Salah satu upaya dimana ingin negeri kita menjadi sehat dan bagaimana Indonesia kembali tumbuh,” ucap Kartini Rustandi melalui siaran langsung di kanal YouTube Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes, pada Rabu (17/11) pagi. 

Selain pemberian penghargaan Anigerah Swasti Saba kepada kabupaten/kota sehat, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada tempat pengelolaan pangan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Dalam kegiatan ini sebanyak tiga provinsi terpilih sebagai Tim Pembina Kabupaten/Kota sehat terbaik, yakni Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sebanyak 25 kabupaten/kota menerima penghargaan Anugerah Swasti Saba Wistara, yakni Kota Padang Panjang, Kabupaten Sukabumi, Kota Semarang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Tomohon, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Bantaeng. 

Selanjutnya, Kabupaten Barru, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Jenepotan, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Parepare, kabupaten Baubau, dan Kabupaten Palopo.

Sementara empat kabupaten/kota peraih penghargaan Anugerah Swasti Saba Wiwerda, yakni  Kabupaten Tebo, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, terdapat tujuh kabupaten/kota penerima penghargaan Anugerah Swasti Saba Padapa, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kota Sukabumi, Kabupaten Tegal, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Banjar. 

Dalam kesempatan yang sama, Kemenkes juga memberikan penghargaan kepada tempat pengelolaan makanan yang menerapkan protokol kesehatan dan berinovasi, yang terdiri dari maing-masing ketogori. 

Penerima penghargaan Kategori Jasa Boga Golongan C adalah PT Aerofood Indonesia Unit Cengkareng, PT Aerofood Indonesia Unit Denpasar dan PT Aerofood Indonesia Unit Lombok. Selanjutnya dari Kategori Jasa Boga Golongan B adalah PT ISS Jasa Fasilitas, PT Indocarter dan Instalasi Gizi RSUI Harapan Anda. 

Peraih Penghargaan dari Kategori Restoran Hotel adalah Four Points By Sheraton, Swiss-Bel Hotel Jambi dan Hotel Four Season Jakarta. Sedangkan peraih Penghargaan dari Kategori Restoran diberikan kepada McDonald’s Majapahit Jawa Tengah, Boksa Bakso Kota Madiun dan McDonald’s Citra Garden. Penerima Penghargaan Kategori Sentra Pangan Jajanan atau Kantin diberikan kepada Sentra Pangan Jajanan Pasar Brumbung, Kantin SD Muhammadiyah I Ketelan dan Kantin SMA Pradita Dirgantara. 

Selanjutnya, Pembina Terbaik Penyehatan Pangan Tingkat Kabupaten-Kota diberikan kepada Wali Kota Jakarta Timur, Wali Kota Surakarta dan Wali Kota Jakarta Barat. Terakhir, Kategori Pembina Terbaik Penyehatan Pangan Tingkat Provinsi diraih oleh Gubernur Jawa Tengah. 
 

Artikel ini ditulis oleh :

img
Natasya
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan