Kemenkominfo dampingi UMKM melalui program adopsi digital di 13 provinsi

Melalui program adopsi teknologi digital UMKM 4.0 ini diharapkan dapat terjadi peningkatan level atau scaling-up UMKM

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Kominfo.go.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong transformasi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Upaya ini salah satunya dilakukan melalui program adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM, program pendampingan berkelanjutan kepada UMKM produsen di sektor pengolahan di 13 kawasan prioritas.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut, program  adopsi teknologi digital 4.0 bagi UMKM ini akan dilakukan selama enam bulan secara offline maupun online, melibatkan 165 fasilitator atau local heroes, dan dilaksanakan di 15 lokasi Training Center yang tersebar di 13 kawasan prioritas. 

Program ini bekerja sama dengan program digital entrepreneurship academy dari Kominfo sebagai bagian dari program digital talent scholarship.

"Indonesia ini besar, mengerjakannya tidak sederhana," ujar Johnny saat memberi sambutan dalam peluncuran Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM secara hibrida dari Jakarta Pusat, Jumat (13/5).

Ketiga belas kawasan tersebut meliputi Sumatera Utara, Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, dan Kepulauan Seribu, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.