Kementerian Pertanian berdayakan korporasi petani

Kementerian Pertanian melalui Direktorat jenderal Perkebunan memberdayakan program korporasi petani di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Foto dokumentasi Kementerian Pertanian.

Kementerian Pertanian melalui Direktorat jenderal Perkebunan memberdayakan program korporasi petani di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (7/11) Java Preanger Lestari Mandiri (JPLM ).

Keberadaan korporasi ini telah memberikan fasilitas kepada petani untuk semakin maju dan berkembang lewat peremajaan tanaman kopi, pelatihan milenial, pelatihan ekspor, serta alat pascapanen atau sarana prasarana lainnya.

Korporasi JPLM merupakan gabungan dari lima kelompok tani/koperasi.

Dirjen Perkebunan Andi Nur Alam Syah mengatakan tanaman kopi merupakan komoditas tanaman perkebunan yang banyak diminati pasar global. Peluang bisnis tanaman ini cukup tinggi dan menguntungkan. Selain itu, tren gaya hidup minum kopi juga membuatnya laris.

Dengan menanam kopi, ujar Andi, bisa meningkatkan perekonomian keluarga, menghidupi atau memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19. Di sisi lain, adanya korporasi JPLM ini membantu kelompok tani untuk ekspor keluar negeri, serta mendapat fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) guna mencukupi modal dan meningkatkan usaha.