Kepolisian sebut Harun Masiku ada di Indonesia

Keberadaan bekas caleg PDIP itu terdeteksi satu hari selepas dirinya kembali ke Tanah Air.

Kepolisian menyebut buronan kasus suap PAW anggota DPR, Harun Masiku, berada di Indonesia. Facebook/Dwi Jepray Bagjana

Kepolisian menemukan petunjuk dalam mencari keberadaan tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR, Harun Masiku. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Polri meyakini bekas calon legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu ada di Tanah Air.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri," kata Kadiv Hubinter Polri, Irjen Khrisna Murti, kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, pada Senin (7/8). Ini sekaligus membantah rumor yang menyebutkan Harun Masiku di luar negeri bahkan menjadi marbot di Malaysia.

Ia melanjutkan, keberadaan Harun Masuki terdeteksi satu hari selepas dirinya kembali ke Tanah Air. Data tersebut dinilai memperkuat hipotesis tentang keberadaannya di Indonesia.

Kendati demikian, Khrisna menyampaikan, penyidik tetap memperluas pencarian di luar negeri. Hal ini pun perlu dicari lebih jauh oleh penyidik KPK. 

“Dugaan kami berdasarkan data perlintasan seperti itu (berada di Indonesia). Tapi kita tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar negeri,” ujarnya.