Angka kesembuhan Covid-19 meningkat, masyarakat diminta tak terlena

Tren penurunan kasus Covid-19 tidak semata-mata karena program vaksinasi, tetapi juga kesadaran masyarakat yang semakin baik.

Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska. Foto: dpr.go.id/Arief/Man

Angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat. Dua hari terakhir, pasien sembuh selalu di atas 29.000. Masyarakat diimbau agar tidak terlena merepons tren positif tersebut. 

"Angka kesembuhan yang lebih besar dari angka positif harian adalah kabar yang menggembirakan, tetapi data tersebut tidak boleh membuat kita terlena," kata anggota Komisi IX DPR Darul Siska kepada wartawan, Kamis (19/8).

Menurut dia, masyarakat tetap harus waspada dengan menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah tetap perlu meningkatkan testing dan tracing, serta menggencarkan vaksinasi. "Karena fatality rate kita juga masih tinggi," ujar Darul.

Darul yakin tren penurunan kasus Covid-19 tidak semata-mata karena program vaksinasi, tetapi juga kesadaran masyarakat yang semakin baik. Dia berharap program vaksinasi nasional untuk menciptakan herd immunity berjalan tanpa kendala.

"Pemerintah dan semua pihak harus bekerja keras untuk mengejar target vaksinasi agar mencapai herd immunity dengan demikian secara bertahap kita bisa mengendalikan Covid-19," katanya.