Kiat mencegah peretasan email perusahaan

Polri menyediakan layanan konsultasi mencegah peretasan email perusahaan.

Ilustrasi. Peretasan email. Pixabay.com

Bareskrim Polri menyediakan layanan konsultasi sebagai upaya mencegah peretasan email perusahaan yang kerap terjadi belakangan. Konsultasi itu akan disediakan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk seluruh perusahaan.

"Terkait pencegahan peretasan Email, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi dengan jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri," ucap Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit melalui keterangan resminya, Selasa (8/9).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bareskrim berhasil membongkar sindikat Internasional Indonesia-Nigeria pelaku penipuan bermodus meretas email perusahaan Althea Italy S.p.a. Perusahaan itu pun merugi puluhan miliar atas pembelian ventilator Covid-19.

Modus meretas email untuk mendapatkan keuntungan memang menjadi tren kejahatan internasional yang marak seiring perkembangan teknologi. Oleh karenanya, Sigit berharap perusahaan-perusahaan melakukan peningkatan kewaspadaan keamanan.

"Setidaknya ada sembilan langkah yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya peretasan email," kata Sigit.