Kisah pengamen ondel-ondel di tengah gempita perayaan HUT Jakarta

Kelompok pengamen ondel-ondel turut memeriahkan perayaan HUT Jakarta.

Masyarakat berswafoto dengan kelompok pengamen ondel-ondel Agung, di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6). Alinea.id/Achmad Al Fiqri

Di tengah perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta yang begitu meriah, beberapa warga mencari nafkah untuk kehidupan sehari-hari.

Agung Maulana, warga asal Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, sengaja datang ke Jakarta Night Festival. Agung tidak ikut larut dalam kegembiraan perayaan kota metropolitan, namun untuk mengamen ondel-ondel.

Sejak pukul 16.00 WIB, Agung bersama kelima temannya sudah berjaga di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat. Peralatan gendang, kempul, dan pengeras suara ditata sedemikian rupa.

Dengan penuh semangat dan rasa gembira,  Agung mulai menabuhkan kempul yang di pinggulnya. Tak terpancar rasa malu dan gugup bagi anak berusia 18 tahun itu untuk mengiringi temannya yang menggendong ondel-ondel.

Siswa kelas tiga Sekolah Teknik Mesin Kampung Jawa, Jakarta Pusat itu mengaku senang menjadi pengamen ondel-ondel. Penghasilannya dari mengamen ondel-ondel dapat meringankan beban kedua orang tuanya.