Kivlan Zen dicekal di Bandara Soetta

Kivlan Zen dicekal saat hendak pergi ke Brunei Darussalam.

Mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad) Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zein (tengah) menghadiri unjuk rasa menuntut diusutnya dugaan kecurangan Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (9/5)./ Antara Foto

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen (Purn) TNI Kivlan Zen, dicegat saat hendak pergi ke luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Pencekalan dilakukan petugas Bareskrim Polri, agar Kivlan dapat menjalani pemeriksaan dalam perkara tindak pidana makar.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Asep Budi Saputra membenarkan pencekalan tersebut. Ia  mengatakan, Kivlan Zen diberikan surat panggilan untuk menjalani pemeriksaan pertamanya di Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Asep, Kivlan akan melakukan perjalanan menuju Brunei Darussalam saat pencekalan tersebut dilakukan. Polri telah mengajukan surat cekal tersebut ke Direktorat Jendral Imigrasi.

“Penyerahan surat panggilan dan dicegah keluar negeri. Beliau mau ke Brunei lewat Batam. Pencekalan sudah melalui imigrasi dan sudah disampaikan,” kata Asep saat dikonfirmasi, Jumat (10/5).

Berdasarkan surat pencekalan, Kivlan Zen dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.  Ia akan menjalani pemeriksaan pada Senin (13/5) depan.