Klaster Sampoerna dominasi pasien baru Covid-19 di Gresik

Dari delapan pasien baru Covid-19 di Gresik hari ini, separuhnya berasal dari klaster Sampoerna.

Petugas Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan rapid test kepada pengunjung Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/5/2020). Foto Antara/Arif Firmansyah

Klaster penularan Covid-19 dari pabrik rokok PT HM Sampoerna Tbk masih aktif menginfeksi warga. Hari ini, klaster tersebut menjadi penyumbang pasien positif corona terbanyak di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik drg Saifudin Ghozali mengatakan, hari ini tercatat delapan kasus baru Covid-19 di wilayahnya. Separuhnya berasal dari klaster Sampoerna. 

"Untuk delapan tambahan positif tersebut, empat orang berasal dari klaster Sampoerna, tiga dari transmisi lokal, dan satu dari klaster Surabaya," kata Saifudin Ghozali di Gresik, Jawa Timur, Rabu (20/5).

Dia merinci, delapan pasien baru tersebut berasal dari Desa Kebomas (Kecamatan Kebomas) berjumlah tiga orang, Desa Indro (Kecamatan Kebomas) satu orang, Desa Singosari (Kecamatan Kebomas) satu orang, Desa Randuagung (Kecamatan Kebomas) satu orang, serta dari Desa Menganti (Kecamatan Menganti) dua orang.

Dengan tambahan delapan orang tersebut, total jumlah pasien positif corona di wilayah Gresik menjadi 67 orang. Dari jumlah tersebut, sudah ada 12 orang yang dinyatakan sembuh, 48 masih menjalani perawatan, dan tujuh orang lainnya meninggal dunia.