Komnas HAM bakal dalami peran pengawas pertandingan Arema vs Persebaya

Pemeriksaan ini terkait dengan tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan sedikitnya 133 orang meninggal dunia dan ratusan korban lainnya luka.

Komisioner Subkomisi Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM, M. Choirul Anam. Foto Komnas HAM

Komnas HAM mengagendakan permintaan keterangan terhadap pengawas pertandingan atau match commissioner laga Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10).

Pemeriksaan ini terkait dengan tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan sedikitnya 133 orang meninggal dunia dan ratusan korban lainnya luka-luka.

Rencananya, permintaan keterangan terhadap match commissioner Arema vs Persebaya dijadwalkan berlangsung pukul 13.00 WIB di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat.

"Pada match commissioner nanti, kami akan mendalami terkait apa tugas dan kewenangannya, kepada siapa dia bertanggung jawab, siapa yang mengangkatnya, bagaimana mekanisme kerjanya," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, Rabu (19/10).

Anam menyebut, pihaknya juga akan menggali keterangan soal hasil pemeriksaan match commissioner sebelum pertandingan dilaksanakan pada Sabtu (1/10) malam.