Korban tewas 1.424 orang, kerugian lebih dari Rp10 triliun

Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami Palu Donggala sebanyak 1.424 orang dengan kerugian materil diperkirakan Rp10 triliun lebih.

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi dan tsunami Palu Donggala sebanyak 1.424 orang dengan kerugian materiel diperkirakan mencapai lebih dari Rp10 triliun. / Antara Foto

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi dan tsunami Palu Donggala sebanyak 1.424 orang dengan kerugian materil diperkirakan mencapai lebih dari Rp10 triliun.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, setelah enam hari pascabencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, tercatat korban mencapai 1.424 orang meninggal dunia. Korban tersebut tersebar di beberapa daerah di sekitar Kota Palu.

"Rinciannya di Donggala 144 orang, di Kota Palu 1.204 orang, di Sigi 64 orang, Parigi Moutong 12 orang, dan Pasangkayu Sulawesi Barat satu orang," kata dia dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Rawamangun, Jakarta, Kamis (4/10).

Menurutnya, saat ini sebanyak 2.249 orang dinyatakan luka berat dan tengah ditangani di luar wilayah Sulteng.

"Sebagain itu dirawat di luar wilayah Palu, seperti di Makassar dan kota lainnya," kata dia.